Kelebihan dan kekurangan kayu JATI (versi lengkap)

Kelebihan dan kekurangan kayu JATI – Jati merupakan salah satu kayu yang banyak digunakan sebagai bahan furniture baik home maupun outdoor furniture. Karena memang kayu ini memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan kayu lain.

Kayu Jati dapat tumbuh dengan subur di daerah tropis seperti Indonesia, namun kayu ini memiliki karakter yang sedikit berbeda dari setiap daerah karena konstruksi tanah dan kadar air tiap daerah memang berbeda.

Kayu Jati yang tumbuh di Jawa tengah berbeda dengan kayu Jati dari Jati Pacitan, Jawa Barat, Sumatra maupun Sulawesi. Perbedaan biasanya terletak pada kadar air dan galih serta tingkat kepadatan kayu.

Kayu Jati Jawa memiliki galih kuning kemerah merahan dan pori pori dangat padat karena tumbuh di tanah yang tidak terlalu banyak air sedangkan kayu Jati Sumatra dan Jawa Barat biasanya memiliki galih yang lebih kecil serta tidak terlalu merah karena tumbuh di daerah yang banyak air.

Hal ini mempengaruhi kualitas dan kepadatan kayu. Kayu Jati dari Jawa dan Pacitan memiliki tingkat kepadatan sedikit lebih bagus dari Jati yang tumbuh di daerah Jawa Barat atau Sumatera. Namun Jati Jawa memiliki pertumbuhan yang lebih lama dibandingkan dengan kayu Jati yang tumbuh di tanah gambut seperti Sumatra.

Pada artikel ini Admin akan membahas kelebihan dari kayu Jati ini secara general (Jati rakyat), karena baik kayu Jati dari Jawa, Pacitan, Jawa barat, Sumatra atau Sulawesi memiliki karakteristik yang tidak jauh berbeda.

7 Kelebihan kayu Jati versi Mebel Eldya

Berikut ini 7 kelebihan kayu Jati menurut mebel.eldya.com

1. Mudah ditemukan

Kayu Jati memang kategori kayu yang mahal namun masih sangat mudah ditemukan baik di TPK maupun di tempat penjual kayu biasa. Karena kayu ini memang bukan termasuk kayu yang dilindungi jadi masyarakat bebas memeperjualbelikannya.

2. Renyah mudah diproduksi

Meskipun kayu Jati termasuk jenis kayu keras, namun kayu memiliki sifat yang renyah sehingga tidak menymbat pisau macet saat diproduksi. Hal ini sangat memudahkan proses produksi sehingga kayu Jati termasuk bahan yang disukai oleh para tukang (perajin).

3. Kuat dan tahan lama

Sudah tidak rahasia lagi jika kayu Jati ini memiliki kekuatan yang cukup bagus. Kayu dapat bertahan sampai umur puluhan bahkan ratusan tahun (tergantung kualitas dan perawatan).

6. Tahan terhadap Cuaca

Selain untuk furniture ruangan, kayu Jati juga banyak dignakan untuk furniture kebun (outdoor furniture). Karena kayu ini memang kuat terhadap cuaca panas maupun dingin bahakan cuaca ekstrim. Terbukti banyaknya permintaan buyer outdoor furntiure dari berbagai negara.

4. Tidak gampang terserang hama

Kayu Jati memiliki kandungan minyak alami. Hal ini membuat kayu Jati tidak gampang terkena serangan hama seperti rayap maupun hama lain.

5. Serat yang khas

Selain kuat, kayu Jati memiliki tampilan yang khas, tekstur yang berkataker nan cantik, cocok untuk segala jenis furniture sehingga banyak sekali orang menykainya.

7. Tidak berubah bentuk

Kayu ini banyak diprosuksi oleh prajin meskipun dalam keadaan masih basah, karena memang kayu Jati memiliki pori-pori yang cukup padat sehingga saat kering, bentuk tidak banyak berubah (ngulet).

Kekurangan kayu Jati

Berikut 4 kekurangan kayu jati yang sudah banyak diketahui oleh msyarakat

1. Harga terus meningkat

Harga kayu Jati dari tahun-ketahun terus meningkat, hal ini dikarenakan antara penebangan dan pertumbuhan kayu tidak seimbang.

Kayu Jati pertumbuhannya sangat lambat. Untuk kayu Jati yang siap produksi bahan furntiute berkualitas, rata-rata memiliki umur lebih dari 20 tahun dan harus memiliki ukuran diameter paling tidak 20 cm.

Sehingga wajar saja jika harga furniture berbahan kayu Jati ini terus mengalami kenaikan dari tahun ke tahun.

2. Tidak bisa dicat

Kayu Jati memiliki kadungan minyak alami sehingga kayu ini tidak bisa ditutup dengan cat duco maupun waterbased.

Pada suhu terteuntu minyak kayu akan keluar meskipun ditutup menggunakan cat sehingga kayu ini tidak cocok untuk bahan furniture duco.

3. Mudah pecah

Kayu ini memiliki tekstur yang renyah, apalagi jika masih berbentuk papan atau log, kayu lebih rawan pecah sehingga perajin harus hati-hati dalam peroses pembautan.

Memaku furniture berbahan kayu Jati juga harus menggunakan teknik khusus, mengingat bahannya yang sangat mudah pcah.

4. Keringnya lama

Untuk mengeringkan kayu Jati, membutuhkan waktu yang lumayan lama. Maka dari itu banyak perajin yang memiliki oven khusus untuk mengeringkan komponen kayu Jati ini agar kering lebh cepat.

Meskipun dapat diprosukdi tanpa menggu kayu kering namun produk yang dihasilkan jauh lebih kuat diproduski saat kayu kering. Karna daya rekat lem saat kayu kering sangat kuat dibandingkan saat basah.

Itulah kelebihan dan kekurangan kayu JATI versi mebel.eldya.com yang meruduk berdasarkan pada pengalaman produski.

5. Serbuk kayu Jati berbahaya

Serbuk kayu Jati sangat berbahaya baik untuk pernafasan maupun untuk kulit karena kandungan minyak alami dari kayu tersebut. Jika serbuk halus mengenai kulit yang sensitif biasanya kulit akan sangat gatal.

Maka biasnaya prodk furniture dari bahan Jati memang difinising menggunakan lapisan clear agar badan tidak bersentuhan langsung dengan kayu.

Jika tanpa difinishing (natural), kayu harus diamplas mengunakan amplas nomer 200-250 agar permukaan benar-benar licin dan halus. Hal ini biasa dilakukan pada produk outdoor furniture.


Apakah semua kayu Jati memiliki kulitas yang sama?

Tidak, banyak prajin menggunakan kayu Jati yang belum memenuhi standar produksi dan menjual hasil produksi degan harga murah.

Alasannya karena harga kayu Jati yang belum memenuhi stadar jauh lebih murah namun produk tidak akan brtahan lama.

Apa ciri-ciri kayu Jati yang berkualitas?

Jika sudah memalui finishing, Anda tidak akan megetahui ciri-ciri kayu Jati yang berkualitas atau tidak.

Namun Anda bisa mengethaui sebuah kualitas kayu bisa dari harga produk. Harga produk frniture yang dibawah standar harga pasar bisanya memang menggunakan kayu Jati yang belum layak produksi.

Dimana mendapatkan produk furntiure bahan kayu Jati berkualitas?

Anda dapat menemukannya di mebel.eldya.com, kami selalu menggunakan bahan kayu Jati pilihan yang sudah layak produksi.

Anda bisa langsung datang ke lokasi untuk melihat bahan serta pembuatan secara detail.

Leave a Comment