Kayu jati belanda “bukan” kayu jati berikut perbedaanya

Kayu Jati Belanda seperti apa sih?

Apa perbedaan kayu “Jati Asli” dan Jati Belanda?


Jati belanda cocok untuk produk apa saja?

Artikel ini akan menjawab tentang pertanyaan-pertanyan di atas yang sering muncul di masyarakat.


Kayu jati

Sebagaian besar masyarakat sudah mengetahui dan mengenal kayu Jati, karena banyak sekali produk furniture baik home maupun outdoor terbuat dari kayu ini.

Alasannya memang kayu jati ini memiliki karekter yang bagus dan tahan lama sehingga memang sesuai dengan kebtuhan furniture.

Bagaimana dengan kayu Jati Belanda?

Kayu Jati belanda

Disebut kayu jati belanda atau dalam bahasa Jawa disebut “Jati Londo” bukan karena kayu ini hanya tumbuh di negara Belanda. Melainkan karena kayu ini sering digunakan untuk palet barang-barang import dari luar negeri.

Karena orang Jawa sendiri menyebut semua turis asing adalah “Londo” meskipun orang tersbut bukan berasal dari Belanda. Jadi, semua kayu yang berasal berasal dari luar negeri disebut kayu “Jati Londo” atau Jati Belanda.

Nah, kebetulan hampir semua kayu yang berasal dari luar negeri adalah dari jenis kayu Pinus / Pinewood karena untuk keperluan palet atau kemasan barang-barang import.

Dari berbagai sumber, kayu Pinus sendiri memiliki ratusan jenis yang tumbuh di belahan dunia karena memang kayu ini dapat tumbuh di cuaca dingin dan tropis.

Selain itu, kayu Pinus ini memiliki pertumbuhan yang sangat cepat dan harganyapun juga tergolong murah sehingga di luar negeri sangt banyak digunakan untuk berbagai keperluan teremasuk untuk palet.

palet kayu jati belanda

Memang kayu ini juga banyak tumbuh di Indonesia, namun untuk menemukan kayu ini di penjual masih sangat susah. Alsannya, harga jual kayu termasuk murah sedangkan biaya oprasional dan penebangan sagat mahal mahal.

Jadi penjual lebih memilih menjual kayu Jati Asli dibanding mejual kayu Jati Belanda. Kalaupun menjual kayu jati Belanda biasanya mereka membeli kayu bekas palet dari pada menebang sendiri pohon pinusnya.

Perbedaan kayu Jati asli dan kayu Jati Belanda

Apa perbedaan kayu jati sli dan jati Belanda?

Kayu jati belanda bukan dari jenis kayu jati, sehingga karakter dan tampilan memang sangat jauh berbeda.

Dilihat dari fisik kayu Jati Belanda memiliki dominan warna putih dan serat yang lumayan besar sedangkan kayu Jati asli memiliki dominan warna kuning keemasan dengan alur yang khas.
perbedaan kayu jati biasa dan kayu jati belanda

Apa kelebihan kayu Jati Belanda?

Tahan goncangan: Kayu pinus atau Jati Belanda bukan tergolong kayu keras seperti jati, sehingga kayu akan kalah jika terkena benda keras lain. Nah sifat inilah yang membuat kayu dapat melidungi barang terhadap goncangan dan membantu meminimalisair dampak kerusakan.

Rringan: Kayu Jati Belanda tidak seberat kayu Jati Asli sehingga selian digunakan untuk palet kayu ini sering digunakan untuk bahan aksesoris seperti hiasan dinding, tempat tisu, gntungan baju dan lains ebagainya.

Kuat: Meskipun sedikit lunak, Pine merupakan kayu yang sangat kaku. hal ini membuat kayu dapat bertahan cukup lama saat digunakan untuk bahan furnitur.

Tidak gampang menyusut: Kayu ini memiliki bentuk yang tidak gampang berubah (menyusut) meskipun terkena cuaca dingin maupun panas.

Tampilan Unik: Jati Belanda memiliki tampilan yang unik, kayu memiliki warna dominan putih dan memiliki alur yang hitam. Hal ini membuat alur kayu terlihat jelas, sehingga banyak digunakan untuk produk furniture hiasan seperti furniture kafe atau furniture studio karena tampilannya memiliki nilai plus tersendiri.

Cepat diperbarui: Pohon pinus memiliki pertumbuhan yang cukup cepat, pohon-pohon yang ditebang dapat segera diganti dengan pertumbuhan baru sehingga tidak menmibukan dampak negatif bagi linkungan.

Harga murah: Karena pertumbuhannya yang cukup cepat, membuat kayu ini memiliki harga jual yang relatif rendah. Sangat cocok unutuk bahan furniture yang bagus nemau tetap low budget.

Apa kekuranga kayu Jati Belanda?

Kurang cocok untuk funiture jangka panjang: Jati belana kurang cocok untuk bahan furniture yang digunakan untuk jangka panjang seperti kursi tamu rumah. Pasalnya kayu ini tidak termasuk kayu yang kuat sperti Jati Asli, kayu gampang tergores dan rusak jika terkena benda keras.

Perawatan ekstra: Sifat kayu yang mudah menyerap air sehingga rawan terkena jamur dan busuk. Maka dari itu perawatan ekstra sangat dibutuhkan agar bahan ini tetap memiliki tampilan yang bagus dan tahan lama.

Mudah terbakar: Meskipun daya serap air tinggi, kayu ini juga cepat sekali kering. Tingkat kekeringan kayu pinus ini bisa sangat tingi sehingga rawan sekali terhadap api.

Contoh produk Jati Belanda

Berikut ini beberapa contoh produk kayu Jati belanda yang admin ambil dari berbagai sumber:

furniture kayu jati belanda
Sumber: https://cleverwoodprojects.org/
kursi kayu jati belanda
Sumber: https://www.etsy.com/
tisu kayu jati belanda
Sumber: https://www.etsy.com/
rak kayu jati belanda
Sumber: https://www.instagram.com/omahkayu.sby/
gerobak kayu jati belanda
Sumber: https://www.instagram.com/omahkayu.sby/

Itulah fakta-fakta mengenai kayu jati belanda. Jika Anda tertarik memesan furniture bahan kayu Jati Belanda silahkan pesan di toko mebel terdekat atau bisa pesan di mebel.eldya.com secara online.

Leave a Comment