Cara Memperbaiki Kayu Pecah

Ada banyak sekali faktor yang mengakibatkan kayu menjadi pecah. Bias karena terdapat hati, kayu masih basah atau pecah karena faktor lain.

Jika pecah rambut mungkin tidak terlalu bermasalah karena tidak terlalu terlihat jelas. Namun jika kayu pecahnya sudah banyak atau sudah lebar, mungkin kita harus mengambil tindakan.

Cara Memperbaiki Kayu Pecah

Bahan yang harus disiapkan:

  • Lem Alteco Korea (lem cepat kering)
  • Palu
  • Amplas
  • Amplas genrinda (posiaonal)
  • Tatah
  • Gergaji

Jika tidak ada, gunakan alat yang fungsinya sama.

Setelah bahan di atas sudah siap, silahkan ikuti langkah berikut ini:

1. Siapkan kayu yang digunakan untuk menambal kayu yang pecah. Usahakan, sama dengan jenis dan warna kayu agar tambalan dapat terlihat lebih serasi.

2. Sesuaikan lebar kayu yang digunakan untuk menambal dengan kayu yang retak. Usahakan agar kayu untuk menambal sedikit sesak agar memenuhi ke celah-celah kecil.

3. Masukkan tambalan kayu dan tekan mengunakan palu secukupnya.

4. Tetesan lem korea ke bagian pinggir kayu.

5. Buang sisa kayu menggunakan tatah atau gergaji.

6. Halusan sisa dengan ampas atau gerinda.

7. Teteskan lem ke bagian yang kurang tertutupi, sebelum lem kering amplas lem tersebut agar serbuk kayu menutupi lubang.

Hati-hati, jangan sampai terkena tangan. Lem ini sangat panas dan cepat kering sehingga kulit dapat menempel di kayu jika terkena lem.

Kesimpulan

Cara di atas merupakan salah satu cara memperbaiki ayu pecah yang paling mudah. Kita dapat mengaplikasikannya pada meja, kursi kusen, gebyok, dan lain sebagainya.

Leave a Comment