3 Alasan kenapa kayu jati tidak boleh dicat

Pernahkah Anda mendengar kenapa jati tidak boleh dicat? Atau memiliki pengalaman ingin membeli kayu jati yang sudah dicat namun tidak ada?

Nah, di artikel kali ini Admin akan membahas kenapa kayu jati tidak dicat.


Kayu jati merupakan salah satu kayu yang banyak digunakan untuk membuat furniture seperti kursi, meja, dipan, pintu dan lain sebagainya.

Alasan banyak orang memilih kayu jati untuk bahan furniture adalah karena kayu ini memang memiliki tekstur yang khas, kuat dan tentunya tahan lama sehingga furniture tidak mudah rusak dan ini memang sesuai dengan kebutuhan.

Namun tahukah Anda kenapa kayu jati tidak boleh dicat? 

3 Alasan kenapa kayu jati tidak boleh dicat

Ada tiga alasan kepana pa kayu jati tidak boleh dicat, yaitu:

1. Kayu tidak bisa dicat

Alasan yang pertama adalah kayu jati memang “tidak bisa dicat” menggunakan cat kayu seperti kayu lain.

Kayu jati memiliki minyak alami yang tersimpan dalam pori-pori kayu. Meskipun kayu ini sudah kering, minyak tidak akan bisa hilang, hal ini yang membuat kayu tetap tahan lama dan terlindung dari hama. 

Namun minyak tersebut juga yang membuat kayu jati tidak bisa dicat, cat biasa tidak akan bisa menempel dengan sempurna meskipun sebelumnya sudah diberi lapisan terlebih dulu, minyak akan tetap keluar setelah dicat. 

2. Tidak terlihat istimewa

Salah satu kelebihan kayu jati adalah “tekstur kayu” yang terlihat artistik. Jika kita tutup dengan cat maka tekstur akan tertutup dan kayu tidak terlihat istimewa lagi (seperti kayu biasa).

Furniture yang dicat bisanya berbahan kayu bisa, untuk menutupi kekurangan maka cat adalah solusi terbaik.

3. Membutuhkan biaya lebih

Memang ada beberapa teknik pengecatan kayu jati ini, namun harus menggunakan bahan khusus yang membutuhkan biaya lebih banyak daripada mengecat kayu lain.

Dan meskipun sudah menggunakan bahan pelapis khusus, kayu juga harus benar-benar kering, jika tidak maka minyak akan tetap keluar menembus cat.

Jadi memang lebih baik bahan kayu jati ini tidak untuk dicat menggunakan cat kayu biasa maupun duco, namun kayu jati difinishing menggunakan bahan minyak seperti melamin atau dibiarkan natural saja agar karakter kayu tetap terlihat.

Leave a Comment