Wed04232014

Last update06:23:50 PM GMT

Font Size

Profile

Menu Style

Cpanel
Back Suara Pemilu Suara Pemilu Incumbent Menangkan Pilkada Muara Enim

Incumbent Menangkan Pilkada Muara Enim

  • PDF

MUARA ENIM, BeritAnda - Pasangan incumbent, Ir H Muzakir Sa’I Sohar- H Nurul Aman SH, disebut pasangan CAKNUR, diprediksi unggul dalam Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) Kabupaten Muara Enim tahun 2013.

Keunggulan yang diraih itu berdasarkan fakta hasil survei Lembaga Survei Indonesia (LSI) yang bekerjasama dengan Jaringan Isu Publik (JIP) saat menggelar konferensi pers di Hotel Griya Serasan Sekundang Muara Enim, Selasa (5/3/2013) pukul 16.00 wib.

Supervisor Lembaga Survei Indonesia dari Jakarta, Naslim Sarlito, didampingi Perwakilan LSI Sumsel, Robby Kurniawan, kepada wartawan mengatakan, keunggulan pasangan nomor urut 3, Ir H Muzakir Sa’I Sohar - H Nurul Aman, SH sebesar 40,40 persen. Di posisi kedua, pasangan nomor urut 1, Asri AG- Rachman Djalili sebesar 34,20 persen, dan pasangan nomor urut 4, Syahril Djemalip- Muhammad Giri Ramanda NK sebesar 14,58 persen, serta pasangan nomor urut 2, Eddy Hermanto- Herfyan Sofyan Danal sebesar 11,52 persen. “Tingkat partisipasi pemilih sebesar 76,42 persen, dan data yang sudah masuk sebesar 95,60 persen serta sampling error 1 persen,” ungkap Naslim.

Dikatakan Naslim, quick count yang digelar pihaknya ini menggunakan teknik multistage random sampling dengan jumlah sampel 250 TPS yang disebar secara proporsional dan acak di seluruh kecamatan di Kabupaten Muara Enim.

Secara per daerah pemilihan, kata Naslim, pasangan nomor urut 3 unggul di Dapil I (Benakat, Gunung Megang, Muara Enim, Ujanmas) sebesar 48,82 persen, lalu disusul pasangan nomor urut 1 sebesar 19,83 persen, pasangan nomor urut 2 sebesar 15,81 persen dan pasangan nomor urut 4 sebesar 15,54 persen. Di Dapil II(Abab, Penukal, Penukal Utara, Talang Ubi, dan Tanah Abang) diungguli pasangan nomor urut 1 sebesar 56,78 persen, lalu disusul pasangan nomor urut 3 sebesar 31,38 persen, pasangan nomor urut 4 sebesar 7,04 persen dan pasangan nomor urut 2 sebesar 4,80 persen.

Selanjutnya, Dapil III (Lubai, Rambang, dan Rambang Dangku), kembali diungguli pasangan nomor urut 3 sebesar 41,29 persen, lalu disusul pasangan nomor urut 1 sebesar 32,28 persen, pasangan nomor urut 2 sebesar 17,30 persen dan pasangan nomor urut 4 sebesar 9,14 persen. Di Dapil IV(Lawang Kidul, SDL, SDT,SDU dan Tanjung Agung) pasangan nomor urut 3 kembali unggul dengan keunggulan sebesar 41,46 persen, lalu disusul pasangan nomor urut 4 sebesar 31,43 persen, pasangan nomor urut 2 sebesar 17,18 persen, dan pasangan nomor urut 1 sebesar 9,93 persen. Dapil V (Gelumbang, Kelekar, Lembak, Muara Belida, dan Sungai Rotan) pasangan nomor urut 1 unggul sebesar 45,11 persen, lalu disusul pasangan nomor urut 3 sebesar 42,47 persen, pasangan nomor urut 4 sebesar 6,78 persen dan pasangan nomor urut 2 sebesar 5,64 persen. “Namun ini hanyalah berdasarkan quick count, data sebenarnya ada pada rekapitulasi KPUD,” pungkas dia.

Dari pantauan selama pelaksanaan pencoblosan, Bupati Muara Enim yang juga calon Bupati Muara Enim incumbent, Ir H Muzakir Sa’I Sohar bersama istrinya, Hj Shinta Muzakir Sa’I Sohar, SH, MHum menyalurkan hak pilihnya di tempat pemungutan suara (TPS) 01 Kelurahan Air Lintang Kecamatan Kota Muara Enim sekitar pukul 09.00 wib.

Muzakir bersama istrinya bergabung dengan masyarakat, bahkan harus rela antri bersama warga untuk menyalurkan hak pilihnya. Ketika dipanggil petugas TPS, Muzakir bersama istri langsung menuju bilik untuk memilih dan memasukan kertas suara ke kotak suara yang disediakan. Tak lupa pula, ia bersama istrinya menunjukkan bekas jari tangan yang diberi tinta tanda ia telah menyalurkan hak pilihnya.

Saat ditanya wartawan, Muzakir mengatakan, bahwa Pilkada ini merupakan pembelajaran demokrasi bagi rakyat Kabupaten Muara Enim. Soal siapa yang menang dan kalah dalam Pilkada ini semuanya harus dapat menerima. Untuk dirinya sendiri, ia mengatakan jika dipercaya kembali oleh masyarakat untuk memimpin Kabupaten Muara Enim 5 tahun kembali, ia siap menjaga amanah yang diberikan itu. “Kita masih tetap optimis menang. Disini, juga sudah menjadi ketentuan Allah SWT, jika saya dipercaya kembali saya siap memegang amanah itu. Kalau, saya masih yakin menang 51 persen,” ungkap Muzakir.

Diceritakan Muzakir, awal dirinya sendiri merupakan rakyat biasa, dan kebetulan dipercaya menjadi pemimpin. Maka, kata dia, tentulah apa yang menjadi keinginan masyarakat pada Pilkada ini harus dihormati.

Dalam Pilkada kali ini, masyarakat Kabupaten Muara Enim harus mengeluarkan hak dipilih dan memilihnya dengan mendatangi TPS yang disediakan, tanpa intimidasi dari siapapun. “Saya juga prihatin dengan kejadian baru-baru ini, ada truk sembako dibakar, ada pak Camat diculik dan dipukuli, bahkan ditelanjangi. Kita masih pertanyakan itu, siapa yang berani melakukan itu, dan dimana rasa perikemanusiaan dia. Saya tidak takut tekanan, masyarakat jangan diintimidasi seperti itu, perbuatan itu sungguh diluar perikemanusiaan. Kasus ini sudah kita serahkan ke hukum, jadi apa tindak lanjutnya, itu kita minta diusut sampai ke akar-akarnya, bahkan siapa dalangnya kita akan minta untuk diusut,” ungkap Bupati Muara Enim, Ir H Muzakir Sa’I Sohar, Selasa (5/3/2013).

Wakil Bupati Muara Enim yang juga calon Wakil Bupati Muara Enim incumbent, H Nurul Aman, SH bersama istrinya Hj Maliyah Nurul Aman, juga menyalurkan hak pilihnya di TPS 6 Kelurahan Tungkal, Kota Muara Enim. Wabup yang menyalurkan hak pilihnya sekitar pukul 08.30 wib datang bersama istrinya.

Usai mencoblos, Wakil Bupati Muara Enim, H Nurul Aman, SH mengatakan, dirinya percaya jika pasangan dirinya bersama Bupati Muara Enim, Ir H Muzakir Sa’I Sohar masih akan menang dalam satu putaran.

“Jika Allah SWT meridhoi, dan masyarakat masih menginginkan, kami yakin masih akan menang sekitar 60 persen. Hasil riilnya, akan kita lihat nanti, dari survei tim CAKNUR kita terakhir, pasangan CAKNUR memimpin, dan diikuti pasangan lain. Dukungan yang diberikan warga Gelumbang daerah saya sangat besar, bahkan saat ini mereka dengan rela menggelar acara yasinan bersama ikut mendo’akan. Saya hari ini tidak ada agenda, hanya akan menerima tamu sambil memantau perkembangan,” pungkas Nurul Aman.

Incumbent menang telak di TPS masing-masing

Di TPS 1 Kelurahan Air Lintang Kecamatan Kota Muara Enim tempat Ir H Muzakir Sa’I Sohar dan istrinya, Hj Shinta Muzakir, SH, MHum, pasangan nomor urut 3, Ir H Muzakir Sa’I Sohar- H Nurul Aman, SH (CAKNUR) menang telak. Dari 281 suara sah yang dhitung, 246 suara diraih pasangan CAKNUR, lalu disusul pasangan nomor urut 1 RAJAS dengan jumlah suara 11, dan pasangan nomor urut 2, EH sebanyak 11 suara serta pasangan dengan nomor urut 4, SGM dengan dukungan 7 suara. Di TPS 1 Air Lintang itu juga terdapat sebanyak 6 surat suara yang dinyatakan tidak sah.

Di TPS 6 Kelurahan Tungkal Kota Muara Enim tempat Wakil Bupati Muara Enim, H Nurul Aman, SH dan istri mencoblos, pasangan CAKNUR juga menang telak. Di TPS ini, pasangan CAKNUR memperoleh sebanyak176 suara, lalu disusul pasangan EH sebanyak 51 suara, pasangan RAJAS sebanyak 44 suara dan pasangan SGM sebanyak 8 suara serta 4 surat suara dinyatakan tidak sah.

KPUD Muara Enim hitung manual

Ketua KPUD Muara Enim, Isa Ansori, SE didampingi Anggota KPUD Muara Enim, Suprayitno mengatakan, terkait penghitungan cepat yang dilakukan oleh berbagai lembaga survei independen, maupun hitungan cepat pasangan masing-masing mempersilahkan jika masing-masing melakukan quick count, namun sebagai lembaga resmi pelaksana Pemilukada Kabupaten Muara Enim tahun 2013, KPUD tetap akan melakukan penghitungan secara manual dan pengumumannya paling cepat 5 hari, dan paling lambat 7 hari setelah pencoblosan. (Mesak/Phardiansah)

 

Site Launch
Site Launch