Thu04242014

Last update11:43:42 AM GMT

Font Size

Profile

Menu Style

Cpanel
Back Suara Pemilu Suara Pemilu Pilkada Lampung Akhirnya Dilaksanakan Pada Tahun Ini

Pilkada Lampung Akhirnya Dilaksanakan Pada Tahun Ini

  • PDF

BANDARLAMPUNG, BeritAnda - Sejumlah aktivis di Lampung menyambut baik kepastian pemajuan jadwal pemilihan Gubernur Lampung di 2013. Ini menyusul akan terbitnya Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) terkait dimajukannya jadwal pilkada.

"Saya kira ini hal yang melegakan semua pihak. Pelaksanaan Pilgub (2013) ada payung hukumnya. Perdebatan soal tafsir undang-undang (Pemilu) berakhir dengan munculnya Perppu ini," tutur Rakhmat Husein, Ketua Deputi Politik Partai Rakyat Demokratik (PRD) Lampung.

Hari ini, Selasa (22/1/2013), DPR RI dan Pemerintah Pusat sepakat menerbitkan Perppu yang mengatur bahwa pilkada untuk kepala daerah yang masa jabatannya berakhir 2014 dimajukan ke 2013. Lampung merupakan salah satu dari 43 daerah yang terkena dampak aturan ini.

Selama setahun terakhir, sebelum gagasan Perppu ini dimunculkan, terjadi polemik tak berujung soal jadwal Pilgub Lampung. KPU Provinsi Lampung menjadwalkan Pilgub dimulai 2013, sementara Pemprov Lampung menolaknya melalui ‘hak veto’ anggaran.

"Saya yakin juga gubernur akan mematuhi keputusan (Perppu) ini karena selama ini yang menjadi alasan gubernur adalah keputusan pemerintah pusat. Dengan demikian, gubernur akan mematuhinya dengan menganggarkan dana pilgub itu," ujar Rakhmat.

Muslim Basyar, Ketua Umum HMI Cabang Bandarlampung, mengatakan bahwa pihaknya sangat menyambut baik jika Pilgub dlaksanakan pada 2013, berdasarkan Perppu dari Mendagri. Hanya saja, yang harus juga dilihat bahwa, akar konflik pelaksanaan Pilgub bukan hanya perseteruan antara KPU vs Gubernur, tapi salah satu faktornya akibat belum disahkannya RUU Pilkada oleh DPR.

“Mestinya, jika DPR meminta Mendagri menerbitkan Perppu untuk memajukan beberapa pilkada di beberapa daerah, harus disertai dengan pengesahan RUU Pilkada,” katanya.

Namun memang, lanjut dia, jika benar-benar Mendagri mengeluarkan Perppu, kami berharap bahwa semua pemangku kepentingan dalam Pilgub Lampung haruslah berlaku bijak.

“Jika lampung dikatakan sebagai cerminan Indonesia Mini, maka semua stakeholders haruslah berpikir dewasa dan berpolitik secara etis. Pilgub bukanlah untuk kepentingan KPU atau Gubernur, tapi Pilgub merupakan gerbang untuk perubahan di Lampung,” pungkas Rakhmat. (Eric)

Site Launch
Site Launch