Thu04242014

Last update02:37:02 AM GMT

Font Size

Profile

Menu Style

Cpanel
Back Nusantara Sumatera Sumatera Selatan Hasil Pra Survey LKMPDSS Calon Incumbent Unggul di 5 Kecamatan

Hasil Pra Survey LKMPDSS Calon Incumbent Unggul di 5 Kecamatan

PRABUMULIH, BeritAnda - Hasil survey sementara yang dilakukan sebuah lembaga survey independent, yakni bernama LKMPDSS (Lembaga Kajian dan Monitoring Pembangunan Daerah Sumatera Selatan) terhadap empat (4) bakal calon Walikota menunjukkan calon incumbent Ridho Yahya tertinggi dengan tingkat elaktabilitas mencapai 38 persen.

Sementara tiga bakal lawan calon lainnya, diantaranya Suspita, Hanan Zulkarnain, dan M Zulfan terpaut tertinggal cukup jauh yakni sekitar 11 – 12 persen. Dengan rincian elaktabilitas (tingkat pilihan terhadap bakal calon Walikota Prabumulih tahun 2013 jika pemilihan dilaksanakan pada hari itu) yaitu, untuk Suspita mencapai 27 persen, Hanan Zulkarnain sekitar 26 persen, sementara M Zulfan cukup jauh tertinggal hanya mencapai 5 persen.

“Ini hasil pra survey (survey pendahuluan) yang kita lakukan selama tiga bulan yakni antara bulan Juli – September 2012 terhadap 4 bakal calon Walikota yaitu, Ridho Yahya, Suspita, Hanan Zulkarnain, dan M Zulfan. Sample pemilih kita ambil sebanyak 500 orang dengan menggunakan metode random acak diambil dari 6 (enam) kecamatan di Kota Prabumulih,” ungkap Sastra Amiadi, Koordinator LKMPDSS Prabumulih didampingi Ketua Pelaksananya, Ir Amran Wijaya, kepada wartawan, Rabu (3/10) sore.

Dia mengutarakan, selama survey pendahuluan itu dilakukan pihaknya mengajukan empat pertanyaan kepada pemilih sebagai instrument pertanyaan LKMPDSS. Pertama jenis kelamin, umur, suku, agama, pendidikan, dan pekerjaan masyarakat pemilih. Kedua, popularitas tokoh yang dicalonkan menjadi Walikota Prabumulih.

Sementara pertanyaan ketiga, seputar tingkat kepedulian masyarakat terhadap pemilukada Walikota dan Wakil Walikota Prabumulih, dan terakhir atau keempat yaitu pertimbangan masyarakat itu sendiri dalam memilih calon Walikota dan Wakil Walikota Prabumulih. “Juga termasuk untuk mengukur elektabilitas bakal calon yang akan tampil pada pemilukada Prabumulih tahun 2013,” tutur Sastra.

Masih dikatakan Sastra, dari sample 500 pemilih yang diambil dari 6 kecamatan tersebut, terbanyak berasal dari Kecamatan Prabumulih Timur mencapai 150 orang. Sementara terbanyak kedua, Kecamatan Prabumulih Utara yakni 125 orang, Kecamatan Prabumulih Selatan sebanyak 65 orang, Kecamatan Prabumulih Barat hanya 60 orang. Sedangkan Kecamatan RKT dan Kecamatan Cambai sama masing – masing sebanyak 50 orang.

“500 pemilih ini, terbagi 250 berjenis kelamin laki – laki, dan 250 perempuan. Hasilnya, dari empat bakal calon Walikota yang sangat berpeluang memenangkan pemilukada Prabumulih tahun 2013 dan menjadi prioritas pilihan rakyat berdasarkan tingkat elektabilitasnya yaitu calon incumbent Ridho Yahya dengan pencapaian sekitar 38 persen,” paparnya, seraya menunjukkan grafik table hasil pra survey yang mereka lakukan selama tiga bulan tersebut.

Bahkan keunggulan Ridho Yahya itu dia katakan merata dan tertinggi di 5 kecamatan dengan kisaran persentase 34 – 42 persen. Sedangkan di Kecamatan Prabumulih Selatan bakal calon Walikota yang saat ini masih menjabat sebagai Wakil Walikota Prabumulih ini kalah dari Suspita yang berhasil unggul sekitar 38 persen, sementara Ridho Yahya hanya di kisaran 36 persen.

“Namun sekali lagi, hasil survey ini hanya bersifat pra atau survey awal yang telah kita lakukan, dan bukan rekayasa serta dapat dipertanggung jawabkan, semuanya jelas didalam data ini. Dan ini akan terus kita lakukan dengan mengambil sampling lebih banyak lagi dan mencakup semua responden,” pungkasnya.(dn)

Site Launch
Site Launch