Wed04232014

Last update12:16:14 PM GMT

Font Size

Profile

Menu Style

Cpanel
Back Nusantara Sumatera Sumatera Selatan Peran Masyarakat Sangat Membantu Tugas Polisi

Peran Masyarakat Sangat Membantu Tugas Polisi

MARTAPURA-OKUT, BeritAnda - Setiap anggota Polisi diharapkan agar lebih bermitra dengan masyarakat. Hal itu, dimaksudkan guna semakin mendekatkan diri keberadaan polisi ditengah-tengah masyarakat. Mengingat, keberadaan masyarakat dalam setiap penyelesaian masalah kasus memiliki peran hingga 70 persen.

Hal demikian diungkapkan Kapolres OKU Timur (OKUT) AKBP kristiyono SIK M.Si, Minggu (27/5/2012).

Lanjutnya, karena tanpa ada kerjasama yang baik dengan masyarakat, polisi jelas sedikit ada kesulitan. “Sebab tanpa bantuan informasi dari masyarakat polisi tidak akan bisa berbuat banyak,” ujarnya.

Reformasi Polri harus benar-benar dijalankan, tegas dia, dan bagaimanapun keberadaan polisi harus mampu dan bisa memberikan rasa aman, nyaman kepada masyarakat. Jangan sampai melindungi, mengayomi serta melayani hanya sebagai sekedar simbol belaka.

“Ada beberapa program yang sudah kita jalankan, seperti menjalin mitra dan mendekatkan diri dengan masyarakat salah satunya kegiatan Polmas, syafari jumat, membentuk polisi komunitas, polisi sahabat anak dan masih banyak lagi yang lainnya,” ungkapnya.

Khususnya bagi setiap Kapolsek harus mampu menjadi pemimpin paling dekat dengan rakyat, lanjut Krisityono, karena Kapolsek harus bisa merangkul warga dan  melibatkannya dalam menciptakan keamanan dan ketertiban.

“Warga juga harus berperan aktif untuk dilibatkan, sehingga kerjasama seperti inilah yang terus-menerus harus diciptakan untuk mewujudkan dan menjaga motto OKUT Aman,” tandasnya.

Dadang (42), warga Trukis Martapura menyambut baik beberapa program yang dilakukan oleh pihak kepolisian, dia menilai keberadaan polisi saat ini berbeda dengan polisi dizaman orde lama.

“Kesan sikap arogansi dari anggota polisi saat ini sudah jauh berkurang, meski masih ada saja anggota yang seperti itu, tapi itu hanya segelintir saja dan mudah-mudahan mereka semakin sadar serta menjadi pelindung, penganyom dan pelayan masyarakat,” katanya. (Yanto)

Site Launch
Site Launch