Thu04242014

Last update01:41:51 PM GMT

Font Size

Profile

Menu Style

Cpanel
Back Nusantara Sumatera Sumatera Selatan Jalan Di Tiga Desa Terancam Putus

Jalan Di Tiga Desa Terancam Putus

INDRALAYA-OI, BeritAnda - Jalan tiga desa di Kabupaten Ogan Ilir (OI) yakni Desa Sungai Rambutan, Tanjung Pule dan Desa Pulau Kabal yang terletak di Kecamatan Indralaya Utara terancam putus.

Akibatnya, transportasi yang menghubungkan desa tersebut akan terganggu dan berimbas pada perekonomian desa. Warga pun berharap, pihak terkait segera memperbaikinya.

Pantauan dilapangan, Selasa (3/1/2012), kerusakan jalan di tiga desa tersebut dengan panjang bervariasi antara 1km-6km. Jalan tersebut rusak parah terutama saat musim hujan, tanah merah bak kubangan lumpur. Meskipun masih bisa dilintasi, namun pengendara roda dua cukup kesulitan, pasalnya tanah merah nampak lengket di roda, namun bagi pengemudi truk maupun mobil double garden tanpa halangan apapun.

Saat melintas, pengemudi kendaraan harus berhati-hati, hal tersebut di khawatirkan akan terbalik jika tidak memperhatikan kondisi jalan. Tidak semua jalan rusak, sebagian ada yang di aspla, atau tahap pengerasan, namun bagian lainnya lebih banyak masih menggunakan tanah merah.

M.Iksan, salah satu warga Desa Sekar Gading Kecamatan Gelumbang saat melintas di Desa Tanjung Pule mengatakan, rusaknya jalan sangat merepotkannya. “Biasanya saya bisa bawa 3 kasur ke sini, namun jalan rusak takutnya kasur kapuk jatuh ke tanah malah kotor dan tidak laku. Harga satu kasur kapuk Rp300 ribu. Ini sangat menggangu,” ucapnya.

Hal senada juga dikeluhkan Muhidi (57) warga Plaju, Palembang. Menurutnya, meski rumahnya di Plaju namun setiap minggu selalu ke Desa Tanjung Pule untuk melihat kondisi kebunnya seluas 4ha.

“Ini kan memang jalan strategis, kalau mau lewat Patra Tani Muara Enim Mulia Abadi atau sebelah Kantor Camat Muara Enim jalannya jauh. Memutar lebih dari 30 menit, kalau lewat sini lebih cepat. Karena jalannya rusak, hasil bumi seperti sawit banyak tertahan karena jalannya hamper putus. Cuma kendaraan double garden yang bias lewat, sementara pengguna motor susah. Pemkab harus memperbaiki jalannya,”katanya.

Warga Desa Pulau Kabal Zakir berharap, agar jalan tersebut segera diperbaiki. “Harusnya sampai ke jalan desa, jangan perbaikannya setengah-setengah. Lebih cepat diperbaiki rakyat bisa sejahtera,” ujarnya.

Terpisah Kadis PUBM H Muchsin mengatakan, akan melakukan pengecekan lokasi dulu, menurutnya dari sebagian APBD ada dana untuk perbaikan jalan. Namun apakah wilayah tersebut masuk atau tidak belum diketahui. “Ya, kita akan cek lapangan dululah,” ujarnya.  (BJ)


Site Launch
Site Launch