Sat04192014

Last update01:46:09 PM GMT

Font Size

Profile

Menu Style

Cpanel
Back Nusantara Sumatera Sumatera Selatan PNS Bisa Ajukan Pensiun Dini

PNS Bisa Ajukan Pensiun Dini

BATURAJA-OKU, BeritAnda - Seluruh Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang telah berusia minimal 50 tahun atau masa kerjanya sudah 20 tahun mengabdi pada negara, saat ini bisa mengajukan pensiun dini. Hal itu sesuai dengan Pasal 9 Undang-undang NO 11 tahun 1969 tentang Pensiunan Pegawai dan pensiun janda atau duda pegawai.

 

Plh Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat Daerah (BKD) Ogan Komering Ulu (OKU), Drs Djunaidi, kepada wartawan mengatakan, syarat bagi PNS yang hendak pensiun dini antara lain tidak dapat bekerja lagi dalam jabatan apapun, karena kondisi jasmani atau rohani yang tidak lagi memungkinkan untuk menjalankan tugas sebagai PNS. "Khusus persyaratan harus ada rekomendasi dari dokter yang ditunjuk pemerintah," jelasnya.

Untuk usia pensiun bagi PNS jabatan struktural yakni berusia 56 tahun. Sedangkan PNS fungsional seperti guru dan penyuluh pertanian usia pension 60 tahun.

"Jumlah pensiun sekarang ini sekitar 160 lebih. Terdiri dari setiap instansi. Khusus untuk pensiun dini hingga sekarang ini belum ada pengajuan yang masuk," katanya.

Mengenai jumlah uang yang diterima oleh PNS yang mengajukan pensiun dini belum ditetapkan. Sifatnya masih menunggu peraturan baru yang sekarang masih disiapkan Kemenpan. Memang dalam PP NO 32 tahun 1979, katanya dijelaskan mengenai uang tunjangan pensiun. Namun untuk jumlah yang akan diberikan kepada PNS yang pensiun dini masih belum jelas.

"Dalam pemberitaan beberapa waktu lalu, Kementrian Keuangan RI sendiri menyediakan uang pensiun dini bagi PNS, besarannya sekitar Rp 120 juta, namun semua itu masih belum jelas," pungkasnya. (Man)

Site Launch
Site Launch