Wed04162014

Last update05:39:59 PM GMT

Font Size

Profile

Menu Style

Cpanel
Back Nusantara Sumatera Sumatera Barat Siapa Mau Jadi Sopir Taxi Blue Bird?

Siapa Mau Jadi Sopir Taxi Blue Bird?

PADANG, BeritAnda - Taxi Blue Bird akhirnya beroperasi di Sumbar. Rencananya lounching sekaligus operasi perdananya, akan dilakukan pada tanggal 21 Mei mendatang.

Meski direncanakan jumlah taxi untuk tahap pertama diajukan 150 unit, namun yang akan beroperasi pada 21 Mei mendatang hanya sebanyak 50 unit. Sumbar sendiri menjadi kota ke-13 yang dimasuki armada taxi Blue Bird se-Indonesia.

Kepala Dinas Perhubungan Prov Sumbar, Mudrika mengatakan, untuk segala jenis perizinan taxi mewah tersebut, sudah dilakukan dan langsung beroperasi pada tanggal tersebut. Menurutnya, keberadaan taxi Blue Bird di Sumbar dan Kota Padang, untuk mengatasi permasalahan dan kekurangan taxi yang ada di Sumbar, yang juga dinilai masih belum representatif. Proses KEUR dan bea balik nama taxi Blue Bird tersebut, hingga kini juga sudah selesai.

Sementara itu Mudrika menambahkan, keberadaan taxi blue bird di Kota Padang, tidak akan menghambat keberadaan taxi-taxi yang sudah ada di Kota Padang. Bahkan sesuai Pergub tahun 2004, taxi sudah harus diremajakan untuk yang sudah beroperasi selama 7 tahun. Namun saat ini, taksi yang ada di Kota Padang sudah ada yang berumur 12 tahun. Hingga akhir 2012, pengusaha taxi di Sumbar hanya tinggal 12, namun taxi yang melayani hanya tinggal 243 unit.

Selain itu, Kadishub Sumbar ini jugaI meyakini, tidak akan terjadi masalah dengan bus massal yang akan di datangkan Pemko Padang. Hal ini disebabkan, karena jalur bus tersebut sudah ada trayeknya, sedangkan taxi bisa door to door. Sedangkan untuk masuk ke bandara, ia berharap tidak ada monopoli dari pihak tertentu.

Sementara itu ia juga meyakini, taxi Blue bird tidak akan membuat kemacetan, karena taxi tersebut tidak akan berdiri di jalanan dan memakan badan jalan.

Sedangkan untuk tarif taxi ini sendiri, direncanakan untuk buka pintu seharga Rp4000 dan masih menunggu harga ketentuan harga BBM dari pemerintah.

Sopir taxi blue bird itu sendiri, menurut Mudrika merupakan rekrutmen dari Padang, bukan didatangkan dari Pulau Jawa. “Saat ini, Blue Bird juga masih membutuhkan sopir lagi, karena dari 70 sopir yang diminta, namun baru 35 orang yang didapat. Syarat untuk menjadi calon sopir taxi Blue Bird adalah tidak pakai tato dan berpenampilan rapi,” pungkasnya.(yd)

Site Launch
Site Launch