Sat04192014

Last update11:42:12 AM GMT

Font Size

Profile

Menu Style

Cpanel
Back Nusantara Sumatera Lampung Pelajar Dilarang Membawa Kendaraannya ke Sekolah

Pelajar Dilarang Membawa Kendaraannya ke Sekolah

  • PDF

LAMPUNG UTARA, BeritAnda - Satuan lalu lintas Polres Lampung Utara (Lampura) akan terus melakukan patroli rutin dan menggelar razia kendaraan.

Patroli tersebut digiatkan bertujuan untuk menertibkan pelanggaran lalu lintas, terutama di jalan-jalan yang dianggap rawan pelanggaran ketertiban berkendaraan dan berlalu lintas.

Kanit Pengaturan, Penjagaan, Pengawalan, Patroli Lalu lintas (Turjawali) Polres Lampura, Iptu Elvis, mewakili Kasat Lantas Polres Lampura, AKP Surono, mengatakan, patroli dan razia rutin terus dilaksanakan baik di pagi, siang, sore, bahkan pada malam hari.

“Ini dalam rangka untuk menertibkan kembali ketertiban dalam berlalu lintas di Lampura. Dimana kita ketahui belakangan ini, tata tertib berlalu lintas terlihat mulai diabaikan oleh para pengendara kendaraan, seperti tidak memiliki SIM atau STNK dan terutama sekali pada kelengkapan kendaraannya yaitu kaca spion dan helm,” ujar iptu Elvis, Senin (18/2/2013).

Menurutnya, dalam razia itu pihaknya sekaligus melakukan pengarahan dan penindakan langsung terhadap pelanggaran yang ditemui dalam patroli atau razia. "Pelanggaran yang kami jumpai saat patroli atau razia yaitu banyaknya pengendara yang tidak dapat menunjukan Surat Izin Mengemudi (SIM) khususnya pengendara pelajar, Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), dan tidak menggunakan helm saat berkendara," katanya.

Pelajar khususnya yang masih duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP) dilarang keras membawa kendaraan, lanjutnya, jika masih ada yang kedapatan mengendarai sepeda motor atau mobil ke sekolah maupun tempat lainnya, pihaknya berjanji tidak akan segan-segan untuk menindak tegas.

Dia menyarankan, agar pihak sekolah mengeluarkan peraturan tentang  pelarangan penggunaan kendaraan pribadi bagi siswanya. "Anak sekolah yang belum berusia 17 tahun yang tidak memiliki SIM bahkan KTP, dilarang membawa kendaraan," tegas Kanit Turjawali.

Satlantas, siap mengambil tindakan tegas, semua kendaraan yang terjaring razia, pada prinsipnya pihak sekolah harus melarang siswa untuk membawa kendaraan pribadi ke sekolah. Salah satunya dengan tidak menyediakan ruang parkir kendaraan bagi siswa. Namun hal itu, tidak berjalan maksimal lantaran masih banyak sekolah mengakomodir pelajar yang membawa kendaraan.

“Selain itu, banyak pula pelajar yang kerap kucing-kucingan dengan menitipkan kendaraannya di pemukiman warga, berdekatan dengan sekolah," jelasnya. (Mirza/Darwis)

 

Site Launch
Site Launch