Sun04202014

Last update10:18:21 PM GMT

Font Size

Profile

Menu Style

Cpanel
Back Nusantara Nusa Tenggara Barat Dunia Pendidikan Kota Bima Dicoreng Video Mesum Oknum Pelajar

Dunia Pendidikan Kota Bima Dicoreng Video Mesum Oknum Pelajar

BIMA-NTB, BeritAnda - Sangat memprihatinkan sekali karena dunia pendidikan di Kota Bima tercoreng dengan munculnya video mesum oknum pelajar siswi Sekolah Menengah Atas Negeri(SMAN) Kota Bima.

Adegan hubungan amoral oknum siswi itu telah beredar di kalangan sekolah lewat rekaman video di handphone para pelajar. Media cetak yang ada di Bima bahkan telah memberitakan tentang beredarnya video mesum oknum siswi salah satu SMAN di Kota Bima. Kemudian, baru-baru ini kembali diberitakan beredarnya video adengan cabul yang dilakukan oknum pelajar SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) Kota Bima.

Konsekuensinya, pihak sekolah kemudian merazia seluruh HP milik siswa-siswinya dan menghapus semua video rekaman dalam HP. Fenomena beredarnya video mesum oknum pelajar ini bahkan memunculkan reaksi keras dari anggota legislatif Kota Bima, khususnya dari PKS (Partai Keadilan Sejahtera).

Kecaman keras anggota legislatif dari partai PKS disampaikan melalui media pemberitaan. Anwar Arman SE, anggota Komisi A DPRD Kota Bima dari partai PKS sangat menyesalkan oknum pelajar yang terlibat dalam video mesum itu, terlebih lagi pada oknum yang menyebarkan rekaman video mesum.

"Akibatnya video mesum oknum pelajar itu jadi konsumsi siswa sekolah setempat bahkan masyarakat," sesal Anwar.

Lebih disayangkan lagi, bahwa pelajar yang terlibat skandal itu adalah siswa yang jenius di bidang studi Matematika dan Bahasa Inggris.

Fenomena ini nampaknya diketahui pula oleh Kepala Disdikpora Kota Bima, Drs. Suriadi M.Pd, begitu dimintai konfirmasi oleh Wartawan. Kepala Disdikpora, Suriadi, diberitakan oleh koran di Bima bahwa pihak dinas akan menyelesaikan kasus tersebut secara internal kedinasan dan memanggil kepala sekolah pada sekolah bersangkutan.

Kepala Dinas Disdikpora, Drs. Suriadi M.Pd, saat ditemui BeritAnda.com NTB beberapa waktu lalu pernah mengungkapkan rasa optimistisnya terhadap peningkatan mutu pendidikan di Kota Bima. Katanya, perlu ada keseimbangan metode pendidikan.

Suriadi akan mengupayakan terciptanya pendidikan siswa yang berkarakter dengan adanya keseimbangan antara Intelegencia Quetions (IQ), Emotional Quetions (EQ), dan Spiritual Quetions (SQ) di seluruh sekolah.

Hal itu, kata Suriadi, bertujuan untuk mengantisipasi dan meminimalisir perilaku negatif di kalangan siswa. Selain itu, Kepala Bidang Dikmen Disikpora Kota Bima, Drs. A. Azis M.Pd, beberapa waktu lalu pernah menyoal perlunya terwujud pendidikan karakter bagi siswa di Kota Bima.

A. Azis menekankan perlunya pihak sekolah menanamkan nilai-nilai etika sopan santun, moral, budaya, dan nilai religius pada siswa. Bahkan, pihak Dinas melalui Dikmen, menurut A. Azis, telah melakukan sosialisasi dan akan terus menanamkan pemahaman pendidikan berkarakter pada lingkungan sekolah-sekolah.

Tentunya, upaya tersebut diharapkan A.Azis dapat tercapai melalui kinerja positif masing-masing sekolah. "Kita berharap agar pihak sekolah lebih serius menerapkan pendidikan karakter bagi siswa," ujar A. Azis kepada BeritAnda.com NTB, beberapa waktu lalu.

Dengan mencermati harapan, antusias, dan optimistis pihak Dinas Pendidikan di Kota Bima tersebut, maka semestinya pihak dunia pendidikan juga dapat mengimplementasikannya untuk siswa. Mencermati fenomena skandal pelajar sekarang ini, mungkin sudah saatnya pula bagi dunia pendidikan di Kota Bima memberikan pengawasan ketat pada siswa di samping penerapan sanksi keras demi mempertahankan martabat dunia pendidikan.

Beredarnya video mesum oknum pelajar Kota Bima baru-baru ini diharapkan tidak terulang lagi bagi pelajar-pelajar di kemudian hari. (Suhairy)

Site Launch
Site Launch