Thu04172014

Last update06:45:46 PM GMT

Font Size

Profile

Menu Style

Cpanel
Back Nusantara Sumatera Selatan Pemekaran Daerah di Sumsel Semakin Berkembang

Pemekaran Daerah di Sumsel Semakin Berkembang

PALEMBANG, BeritAnda - Kepala Biro Otonomi Daerah dan Kerjasama Setda Sumsel, Agus Yudiantoro, mengatakan bahwa hasil pemekaran wilayah di tiap Kabupaten/Kota di Sumsel saat ini dinilai cukup baik, hasil tersebut terlihat dengan semakin berkembangnya pembangunan di daerah secara merata.

“Saat ini Pemprov Sumsel terus melakukan pemantauan perkembangan pembangunan di daerah pemekaran. Pemekaran daerah tersebut bertujuan mendekatkan pelayanan kepada masyarakat dan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat,” katanya.

Salah satu kunci utama keberhasilan daerah pemekaran ini dilihat dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) pada setiap tahunnya. Dengan APBD yang mencukupi didaerah pemekaran dinilai dapat memenuhi seluruh kebutuhan pemerintahan dan pembangunannya. Suksesnya pembangunan di daerah pemekaran tersebut banyak didukung oleh Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas serta Kepala Daerah memiliki kreatifitas yang tinggi dalam mengelola potensi SDA yang ada,” tuturnya.

Saat ini terdapat satu daerah pemekaran di Sumsel yang perlu mendapatkan perhatian khusus Pemprov Sumsel, yakni Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan (OKUS) yang dimekarkan pada 18 Desember 2003, dimana daerah tersebut dinilai pembangunan daerahnya belum maksimal.

“Pada tahun 1998, Provinsi Sumsel telah memiliki sepuluh Kabupaten/Kota. Namun, dengan perkembangan jaman pemekaran wilayah terus berkembang. Kota Pagar Alam pemekaran wilayah dari Kabupaten Lahat 21 Juni 2001, Prabumulih pemekaran dari Muara Enim 21 Juni 2001, Lubuklinggau pemekaran dari Musi Rawas 21 Juni 2001, Kabupaten Banyuasin, pemekaran dari Musi Banyuasin (Muba) pada 10 Oktober 2002, Ogan Ilir (OI) pemekaran dari Ogan Komering Ilir (OKI)18 Desember 2003, Ogan Komering Ulu Selatan (OKUS), pemekaran dari Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), 18 Desember 2003, Ogan Komering Ulu Timur (OKUT) pemekaran dari Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), 18 Desember 2003, dan Empat Lawang pemekaran dari Kabupaten Lahat pada 2 Januari 2007,” pungkasnya. (anto)

Site Launch
Site Launch