Thu04242014

Last update02:37:02 AM GMT

Font Size

Profile

Menu Style

Cpanel
Back Nusantara Nusa Tenggara Barat Pembudidaya Ikan Lele Kota BimaTerima Bantuan Bibit Lele Masamo

Pembudidaya Ikan Lele Kota BimaTerima Bantuan Bibit Lele Masamo

BIMA, BeritAnda - Sebanyak 80 orang warga Kota Bima yang tergabung dalam beberapa kelompok pembudidaya ikan air tawar Lele telah menerima bantuan bibit Lele Masamo Tahun 2011.

 

Pantauan Wartawan BeritAnda.com Senin (31/10/2011) sore, penyerahan bantuan bibit Lele Masamo diserahkan secara simbolis kepada tiga pembudidaya ikan Lele. Penyerahan secara simbolis itu dilakukan oleh Asisten II Setda Kota Bima Ir. Hj. Rini Indriati dan Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan (Diskanlut) Kota Bima Ir. Sarafuddin, MM yang bertempat di Kelurahan Penaraga Kecamatan Raba Kota Bima.

Ketua Unit Pelayanan Pembudidaya (UPP)ikan air tawar Lele Kota Bima Drs. Abdul Haris, menyampaikan, 95 persen dari 80 orang pembudidya telah menerima bantuan bibit ikan Lele, pakan dan obat-obatan sehingga sisanya sebanyak 15 orang lagi akan dituntaskan untuk menerima bantuan pada Senin itu juga.

“Selain menerima bantuan bibit,pakan dan obat-obatan ikan Lele, pembudidaya ikan Lele juga menerima bantuan dari Disakanlut Kota Bima berupa cergen dan peralatan-peralatan lainnya,” ungkap Haris.

Lanjut Haris, total nilai bantuan yang diberikan pada masing-masing kelompok pembudidaya Lele mencapai Rp. 100 juta. Karenanya demikian, dia menghimbau para anggota kelompok pembudidaya ikan Lele agar mereka dapat mengelola dan memelihara kelangsungan usaha budidaya ikan Lele dengan baik.

“Pemerintah hanya sebatas mengawasi, menilai dan membina saja namun selain dari itu semua akan dilakukan oleh kelompok baik dalam hal memelihara maupun dalam hal mengelola,” himbaunya.

Kemudian, Kepala Diskanlut Kota Bima, Ir. H. Sarafuddin, MM dalam sambutannya memaparkan, bantuan tersebut merupakan kali keempat yang diberikan pada kelompok pembudidaya ikan Lele dan telah berjalan seperti biasa sejak tiga minggu yang lalu.

Menurutnya, paket kegiatan tersebut merupakan bantuuan langsung oleh pusat yang mana pengelolanya juga dari pusat. “ Kami hanya mefasilitasi saja agar bagaimana program ini berhasil datang di Bima,” ujar Sarafuddin.

Dijelaskannya lagi, total anggaran yang diberikan pada empat kelompok pembudidaya ikan Lele Kota Bima senilai Rp.400 juta dengan yang didapat oleh masing-masing kelompok sebesar Rp.100 juta.

Ditambahkan, kelangsungan kegiatan tersebut akan diserahkan ke UPP bagaimana untuk merencanakan pengembangannya dan bekerjasama dengan PT. Matahari Sakti Mojokerto. Katanya, varietas Lele yang diserahkan pada Senin itu merupakan varietas Masamo yang mana telah dinilai memiliki keunggulan. “Varietas Lele Masamo ini dinilai paling unggul sebab tingkat kematiannya di bawah 2 persen.

Sementara itu, Asisten II Setda Kota Bima, Ir. Hj. Rini Indriati mengatakan bahwa kegiatan penyerahan bantuan bibit ikan Lele merupakan upaya memanfaatkan nilai eonomis di pekarangan. Dia berharap, agar kelompok pembudidaaya Lele dapat memelihara dan mengelola dengan baik. “ Kami harpkan juga agar kelompok pembudidaya Lele bisa memanfaatkan dana dengan sebaik-baiknya karena pihak kami teatap diperiksa oleh pemerintah terkait uag yang masuk ke rekening kelompok,” urai Rini. (Farjan)

Site Launch
Site Launch