Fri04182014

Last update02:46:38 PM GMT

Font Size

Profile

Menu Style

Cpanel
Back Nusantara Jawa Tengah Tegal Bisnis Tahun 2012 Dicanangkan

Tegal Bisnis Tahun 2012 Dicanangkan

TEGAL, BeritAnda - Kalau dilihat dari demografi kota tegal yang luasnya hanya sekitar 42 kilometer persegi tidak memiliki sumber daya alam, maka pengembangannya ke depan adalah sebagai kota perdagangan, kota jasa atau kota maritim, karena Kota Tegal juga memiliki laut.

Hal itu dikemukakan oleh Walikota Tegal, Ikmal Jaya dalam sambutannya pada acara Pencanangan Tegal Bisnis 2012 sebagai era menuju Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang mandiri dan profesional, di Gedung PPIB Kota Tegal.

"Dengan adanya Tegal Bisnis 2012 ini diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat kota Tegal. Untuk itu, kita telah mempersiapkan diri sejak tahun 2010 dengan Tegal Sehat, yaitu dimulai dari pola hidup bersih dan sehat, pembangunan puskesmas maupun rumah sakit," terangnya.

Selain itu, Puskesmas Kota Tegal melalui Dinas Kesehatan juga telah melaksanakan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Kementerian Kesehatan yang inputnya dijadikan percontohan untuk Puskesmas seluruh Indonesia.

Selanjutnya pada tahun 2011 adalah Tegal Cerdas. Dengan adanya kemajuan teknologi, diharapkan masyarakat juga ikut cerdas agar dapat mengikuti perkembangan teknologi.

Kemudian dengan pencanangan Tegal Bisnis 2012 ini, sasaran pertama adalah membuka seluas-luasnya tentang perijinan. Bahkan kalau perlu akan memberikan intensif kepada investor yang akan menanamkan investasinya di Kota Tegal.

Sasaran kedua dari Tegal Bisnis adalah meningkatkan atau memberdayakan UMKM yang ada di Kota Tegal, mulai dari produksi shuttle cock yang telah mendunia, sarung, logam dan lain sebagainya.

Sasaran ketiga adalah agar pertumbuhan ekonomi di Kota Tegal bisa lebih tinggi dari pada tahun sebelumnya, karena dengan pertumbuhan ekonomi yang cukup tinggi maka akan ada penyerapan tenaga kerja.

Sementara itu dalam laporannya, Kepala Dinas Perindagkop dan UMKM , R. Supriyatna menjelaskan bahwa pencanangan Tegal Bisnis ini bertujuan untuk mengembangkan potensi yang ada di Kota Tegal, baik potensi ekonomi maupun potensi sosial masyarakat sebagai roda penggerak perekonomian dalam mengembangkan bisnis di Kota Tegal.

Sasaran Tegal Bisnis tahun 2012 adalah membangun dan mengembangkan semangat kebersamaan serta kegotongroyongan seluruh pemangku kepentingan untuk secara sinergis membangun perekonomian daerah guna melawan pengangguran, kemiskinan dan ketertinggalan. "Untuk mencapai sasaran tersebut, perlu dilakukan upaya mengembangkan UMKM agar mandiri dan profesional," terangnya.

Selanjutnya acara pencanangan Tegal Bisnis 2012 itu ditandai dengan penekanan tombol untuk membuka logo, serta peragaan busana batik dan kain tenun khas Tegal. (JK)


Site Launch
Site Launch