Sun04202014

Last update02:21:23 AM GMT

Font Size

Profile

Menu Style

Cpanel
Back Nusantara Kalimantan Kalimantan Barat 2014, PLN Kalbar Siap Bekerjasama Dengan Malaysia

2014, PLN Kalbar Siap Bekerjasama Dengan Malaysia

PONTIANAK, BeritAnda - Akhir tahun 2014, kelistrikan di Kalbar akan mendapat tambahan daya sebesar 200 MW, menyusul akan dilakukankannya interkoneksi sebesar 275 Kilo Volt (KV) dengan SESCO Serawak Malaysia. Hal tersebut diungkapkan General Manager PLN Kalbar Daniel S. Bangun, Kamis (22/12/2011) malam.

“Mulai 2014 akhir, kita harapkan mampu melakukan interkoneksi dengan sistem kelistrikan di SESCO Serawak - Malaysia, sebagai penguat kelistrikan di Kalbar,” katanya. Ia mengatakan, bahwa kerjasama PLN dengan SESCO yang ada saat ini adalah pembelian listrik untuk daerah perbatasan dengan daya yang masih kecil yaitu sekitar 200 kVA hingga 400 kVA.

Menurut Daniel, kerjasama tersebut nantinya akan bersifat timbal balik, dimana siang hari Kalbar akan mengekspor listrik ke Serawak dan pada malam hari, ketika beban di sana berkurang, Kalbar akan impor listrik dari Serawak.

“Saat ini sedang dalam tahap pembangunan transmisi, mulai dari perbatasan Malaysia hingga ke Bengkayang,” tuturnya. Kemudian akan disuplay sampai ke Singkawang masuk ke Pontianak, lalu dari Bengkayang ke Tayan, bahkan sampai ke Putussibau. “Bahkan nanti juga akan dibangun transmisi dan gardu induk hingga ke Ketapang,” ungkapnya.

Daniel mengatakan, pembangkit yang saat ini beroperasi 350 unit, baik yang kecil maupun yang besar. “Jadi total daya yang ada pada kita sebesar 400 MW,” ujarnya.

Dikatakan Daniel, total proyek PLTU yang sedang dikerjakan oleh proyek induk PLN, dengan daya sebesar 350 MW. Selain itu, menurutnya masih ada proyek PLTGB, dan PLTMH serta pembangkit-pembangkit Tenaga Surya untuk daerah perbatasan dan terpencil, diharapkan tahun 2012 bisa beroperasi.

“Kita harapkan semua pembangkit-pembangkit besar seperti PLTU dapat beroperasi pada 2013, mulai dari pembangkit 2 x 50 MW di Parit Baru,” ulasnya. Sampai 2014, dirinya berharap semuanya beroperasi, baik yang milik PLN sendiri maupun yang milik swasta. (rfi)

Site Launch
Site Launch