Thu04242014

Last update02:37:02 AM GMT

Font Size

Profile

Menu Style

Cpanel
Back Nusantara Kalimantan Kalimantan Barat Punya Ilmu Gaib, Masyarakat Putussibau Selatan Resah

Punya Ilmu Gaib, Masyarakat Putussibau Selatan Resah

PUTUSSIBAU, BeritAnda - Sekitar 5 (lima) hari sudah warga Kedamin Kecamatan Putussibau Selatan yang tidak jauh dari Kota Putussibau dibuat resah.

Sebab, Kamtibmas (Keamanan dan Ketertiban Masyarakat) terusik adanya sejumlah informasi simpang siur. Informasi yang berkembang dimasyarakat, adanya seseorang yang menuntut ilmu gaib dan membutuhkan gadis dan janda untuk menambah kekebalan, ada juga warga melihat seseorang berbadan tingggi namun saat dikejar menghilang, dan sejumlah informasi lainnya seperti pencurian dan pemerkosaan.

Kondisi ini tentunya menimbulkan keresahan dimasyarakat, akibatnya masyarakat melakukan pencarian dan melakukan ronda malam dengan menggunakan senjata tajam, bahkan ada salah satu warga yang mengalami luka akibat senjata tajam saat melakukan pengejar terhadap seseorang yang informasinya bisa menghilang. Tidak hanya itu, sudah beberapa malam Polres Kapuas Hulu menurunkan personil sebanyak 90 orang untuk berjaga-jaga di daerah Kedamin.

Masyarakat memang membawa parang dan mandau, karena adanya informasi yang masih simpang siur, jelas saja ini membuat keresahan dimasyarakat. “Namun kami minta masyarakat jangan terlalu resah, sebab kami saat ini masih melakukan penyelidikan terkait informasi yang berkembang tersebut,” kata Kapolres Kapuas Hulu AKBP Dhani Kristianto, Rabu (15/5/2013) malam.

Lanjut Dhani, bahwa pihaknya saat ini masih melakukan penyelidikan dengan menurunkan sejumlah anggotanya untuk berjaga-jaga dan melakukan patroli rutin didaerah-daerah yang dianggap rawan. Oleh karenanya, Dhani meminta masyarakat untuk menyerahkan dan mempercayakan persoalan tersebut terhadap petugas kepolisian.

Masyarakat diminta untuk tidak mudah terprovokasi dan jangan sampai main hakim sendiri. Selain itu, Dhani menghimbau apabila masyarakat menemukan, melihat, mendengar dan merasakan ada sesuatu yang mencurigakan, sebaiknya segera laporkan kepada petugas setempat.

“Yang harus dihindari jangan sampai masyarakat terprovokasi dan akhirnya masyarakat dengan masyarakat menjadi korbannya, apalagi dengan membawa senjata tajam. Saya minta warga tidak membawa senjata tajam dalam berjaga-jaga. Apabila masyarakat harus menangkap yang dicurigai atau diduga seseorang, jangan sampai main hakim sendiri, jadi saya minta masyarakat tetap menjaga keamanan dan ketertiban dilingkungannya masing-masing dan jangan terlalu resah, informasi yang berkembang ini kami tindak lanjuti kebenarnnya,” pungkasnya. (tm)

Site Launch
Site Launch