Thu04172014

Last update06:45:46 PM GMT

Font Size

Profile

Menu Style

Cpanel
Back Nusantara Kalimantan Kalimantan Barat Pemkab Sekadau Perlu Penambahan Armada UPK

Pemkab Sekadau Perlu Penambahan Armada UPK

SEKADAU, BeritAnda - Kasus kebakaran yang menimpa rumah anggota DPRD Sekadau, Albertus Pinus S Sos M Si, Jumat pekan lalu menjadi pembelajaran semua pihak. Langkah penanggulangan kebakaran perlu mendapat perhatian ekstra pemerintah daerah.

Anggota DPRD Sekadau, Handi SE mendesak pemerintah daerah untuk menambah jumlah armada pemadam kebakaran di Sekadau. Saat ini, armada pemadam kebakaran milik pemerintah daerah baru ada satu unit mobil.

“Kedepan, kita berharap ada penambahan armada pemadam kebakaran milik pemerintah daerah,” ujar Handi.

Penambahan armada pemadam kebakaran ini, lanjut Handi, sangat penting guna meminimalisir dampak kebakaran.

“Dengan armada pemadam kebakaran yang banyak, sudah pasti proses pemadaman kebakaran bisa lebih cepat dilakukan. Sehingga, potensi kerugian materil bisa lebih diperkecil,” yakinnya.

Saat ini, armada pemadam kebakaran milik Pemkab Sekadau berposko di Kecamatan Sekadau Hilir, ibukota Kabupaten Sekadau. Sedangkan Kabupaten Sekadau terdiri dari enam kecamatan yang jarak satu sama lain cukup jauh, dan akses jalan banyak yang mengalami kerusakan parah.

Hanya sedikit kecamatan saja yang sudah ada armada pemadam kebakaran milik swasta. Akibatnya, jika terjadi kebakaran di kecamatan yang tidak ada armada pemadam kebakarannya, proses pemadaman akan lambat.

Kerugian materil pun semakin besar, bahkan pernah kasus kebakaran menimbulkan korban jiwa. “Idealnya, Pemkab memiliki satu unit mobil armada pemadam kebakaran di tiap kecamatan,” kata politisi Partai Gerindra tersebut.

Diakui Handi, harga untuk satu unit mobil pemadam kebakaran memang cukup mahal. Namun harga semahal apa pun tidak lah sebanding dengan potensi kerugian yang ditimbulkan oleh kasus kebakaran.

“Kerugian materil akibat satu kasus kebakaran justru bisa lebih mahal dari harga satu unit mobil pemadam. Belum lagi potensi korban jiwa yang tidak bisa kita nilai dengan uang. Makanya sangat penting armada pemadam kebakaran kita diperbanyak,” tutur Handi berargumentasi. (nie/bdi)

Site Launch
Site Launch