Sat04192014

Last update08:33:59 PM GMT

Font Size

Profile

Menu Style

Cpanel
Back Nusantara Jawa Jawa Tengah Tahun 2012, BKKBN Jateng Targetkan 982.124 Akseptor Baru

Tahun 2012, BKKBN Jateng Targetkan 982.124 Akseptor Baru

WONOGIRI, BeritAnda - Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Jawa Tengah menargetkan tahun 2012 ini bisa menjaring 982.124 orang akseptor baru KB. Oleh karena perludilakukan pertemuan bagi petugas di lini lapangan sehingga petugas lapangan sebagai ujung tombak Program Kependudukan dan Keluarga Berencana (KKB) Nasional mempunyai persepsi yang sama dan langkah solid dalam melaksanakan berbagai kegiatan yang mendukung percepatan pencapaian sasaran Program KKB.

Hal itu disampaikan Kepala BKKBN Provinsi Jateng, Dra Sri Murtiningsih MS, dalam kegiatan pembinaan peningkatan kualitas SDM lini lapangan dalam rangka percepatan pencapaian sasaran program KB di pendapa rumah dinas Bupati Wonogiri, Rabu (4/4/2012).

Lebih lanjut disebutkan Sri Murtiningsih, capaian program KB di Provinsi Jateng sebenarnya sudah cukup menggembirakan. Hal itu bisa dilihat dari Laju Pertumbuhan Penduduk (LPP), di mana Provinsi Jateng sudah tergolong rendah, yaitu 0,37 persen per tahun. "LPP kita terendah di Indonesia," katanya.

 

 

Disebutkan Sri Murtiningsih, berdasarkan sensus penduduk tahun 2010 penduduk Jateng berjumlah 32,3 juta jiwa. Meski LPP rendah, tapi secara kuantitas jumlah penduduk itu masih besar.

"Data itu menunjukkan kita masih harus bekerja keras," katanya. Sri Murtiningsih juga berpesan agar PLKB memahami adanya kebijakan baru terkait dengan Jaminan Persalinan (Jampersal) yang mulai tahun 2012 ini ada perubahan “Pemerintah hanya membiayai persalinan bagi anak pertama dan kedua sehingga pemasangan alat kontrasepsi masuk ke dalam paket Jaminan Persalinan,” terangnya.

Ketua Ikatan Penyuluh Keluarga Berencana (IpeKB) dr. Indra Putranta selaku ketua panitia menjelaskan bahwa pertemuan ini dilaksanakan sebagai wahana pembinaan bagi petugas di lini lapangan tentang perkembangan program terkini sehingga akses informasi dapat diperoleh secara langsung melalui nara sumber yang berkompeten.

“Disamping itu adanya Ikatan Penyuluh Keluarga Berencana ini diharapkan mampu memberikan kontribusi yang maksimal dalam pengelolaan Program KB serta mampu menjadi wadah bagi para PLKB/PKB untuk mengembangkan dirinya sebagai pejabat fungsional,” jelasnya.

Di tahun 2012 ini untuk Karisidenan Surakarta peserta KB baru yang harus dicapai sebanyak 73.573 akseptor khusus di Kabupaten Wonogiri target pencapaian 9403 Akseptor. Bupati Wonogiri, H Danar Rahmanto mendukung adanya program KKB ini dengan harapan kesejahteraan masyarakat akan semakin meningkat.

”Kesejahteraan berkaitan erat dengan Kependudukan hal ini sesuai dengan survey yang menyebutkan bahwa masyarakat yang berpenghasilan rendah relatif memiliki jumlah anak yang relatif besar sehingga  program KB perlu digalakkan dengan menggandeng stakeholder yang terkait,” himbau Bupati. (Jkin)

Site Launch
Site Launch