Wed04232014

Last update12:28:21 AM GMT

Font Size

Profile

Menu Style

Cpanel
Back Nusantara Jawa Jawa Tengah Upaya Mengikis Wonogiri Dalam Ancaman Kekeringan

Upaya Mengikis Wonogiri Dalam Ancaman Kekeringan

WONOGIRI, BeritAnda - Sebanyak 30 orang terdiri dari Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan), tokoh pemuda dan tokoh masyarakat Kecamatan Girimarto mengikuti pelatihan kader pelestari lingkungan.

 

Kegiatan yang mengambil tema “Pelatihan Kader Lingkungan untuk Peningkatan Peran Organisasi Kemasyarakatan dalam Perlindungan dan Pengeglolaan Lingkungan Hidup  di Kabupaten Wonogiri” itu dilesenggarakan oleh Kementrian Negara Lingkungan Hidup RI bekerjasama dengan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Federasi Masyarakat Untuk Kejujuran dan Keadilan (Fera Two K), Rabu (2/11/2011) di Hotel Joglo, Kabupaten Wonogiri.

Hadir dalam acara pelatihan kader antara lain, Bupati Wonogiri yang diwakili Sri Jarwadi (Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Wonogiri), Wawan Setyo Nugroho (Ketua DPRD Wonogiri), Wahyudi (Kepala Kantor Lingkungan Hidup  Wonogiri) dan Eddy Tri Haryanto Camat Girimarto).

Pada kesempatan itu, Jarwadi menegaskan bahwa kekeringan di Kabupaten Wonogiri merupakan permasalahan yang sangat klasik dan pemanen, khususnya wilayah selatan. Penyebabnya adalah persoalan lingkungan serta kondisi tanah karst dan kapur. Beberpa usaha yang telah dilakukan pemerintah kabupaten dalam solusi penanganan kekeringan tersebut diantaranya pemberian bantuan air bersih, bantuan aliran irigasi, dan beberapa bantuan penanaman pohon untuk kelestarian lingkungan.

"Melalui pelatihan ini diharapkan akan memberikan wawasan bagi peserta pelatihan dan bagi masyarakat umum demi menjaga kelesetarian alam. Dengan alam yang lestari diharapkan ada keberlangsungan lingkungan yang bermanfaat bagi kehidupan masyarakat sekitar. Maka melalui pelatihan-pelatihan yang ada diharapkan mampu mengikis image kabupaten Wonogiri dalam ancaman kekeringan," ungkapnya.

Dalam kesempatan yang sama Ketua DPRD Kabupaten Wonogiri, Wawan Setyo Nugroho memberikan apresiasi kepada penyelenggara pelatihan yang bisa melakukan kegiatan positif program lingkungan secara riil yang menyangkut kehidupan orang banyak, khususnya program konservasi.

Wawan mengungkapkan, bahwa salah satu dari 7 permasalahan pokok di Kabupaten wonogiri yang sangat urgent adalah kekeringan dan konservasi. Maka dengan melalui program konservasi lingkungan ini diharapkan mampu memberikan solusi mengurangi kekeringan dan penggundulan lahan di Kabupaten Wonogiri. Dengan demikian, image Wonogiri dalam ancaman kekeringan diharapkan mampu terkikis dengan terciptanya kader-kader pelestari lingkungan.

Sementara itu Ketua LSM Fera Two K, Sisdaryanto mengatakan kegiatan konservasi Lingkungan Hidup di Kabupaten Wonogiri terdiri dari dua rangkaian acara, yaitu pelatihan kader pelestari lingkungan yang akan dilanjutkan dengan aksi penanaman pohon. Rencananya untuk aksi penanaman pohon akan dilaksanakan di Desa Waleng, Kecamatan Girimarto, kamis 3 Nopember 2011. Dan aksi ini merupakan rangkaian touring di kabupaten dan propinsi Se Jawa Tengah.  (JS)

Site Launch
Site Launch