Fri04182014

Last update04:40:04 PM GMT

Font Size

Profile

Menu Style

Cpanel
Back Nasional Politik Seluruh Kandidat Calon Walikota Palembang Optimis Menang

Seluruh Kandidat Calon Walikota Palembang Optimis Menang

  • PDF

PALEMBANG, BeritAnda - Perkembangan bakal calon (Balon) Walikota Palembang tahun 2013 mendatang, semakin menghangat.

Sejumlah balon Walikota Palembang baik dari jalur Partai dan Independent terus melakukan sosialisasi serta memasang atribut kampanye di jalan-jalan di kota Palembang. Semua balon mengklaim yakin menang, namun pilihan kembali ke masyarakat Kota Palembang.

Kepala Dinas Perhubungan Informasi dan Komunikasi (Kadis Hubkominfo) Sumsel, Sarimuda, menyapaikan bahwa pihaknya saat ini terus melakukan penggalangan dukungan dari berbagai partai politik (Parpol), yang telah berhasil menggandeng 15 Parpol. Meski sudah mendapatkan dukungan lebih dari 15%, namun dirinya belum melakukan deklarasi terhadap dukungan semua Parpol yang mengusung dirinya. Setelah Hari Raya Idul Fitri, pihaknya akan melakukan deklarasi diri maju sebagai balon Walikota Palembang

"Dukungan yang ada saat ini hampir mencapai 60% Parpol, sementara syarat yang dibutuhkan untuk maju minimal 15% dukungan dari Parpol. Berdasarkan survey lembaga independent dirinya menduduki posisi tertinggi,” katanya.

Sementara itu, Novran Marjani (Sekretaris Tim Pemenangan Nur Iswanto) mengaku bahwa dirinya mengklaim dukungan telah menyebar di Kota Palembang. “Kekuatan terletak dari wong cilik yang menginginkan perubahan di Kota Palembang, kader laki-laki saat ini sekitar 250 ribu,” tuturnya.

Dengan turunnya SK dukungan DPP Gerindra terhadap Nur Iswanto dalam pencalonan di Kota Palembang, otomatis semua struktur partai Gerindra di Kota Palembang dari tingkat atas hingga bawah 100 persen bergerak. Terkait koalisi dengan partai lain, saat ini pihaknya telah mengklaim sudah ada 1-2 partai siap berkoalisi.

“Partai Gerindra dan pendukungnya sudah bergerak dengan melakukan berbagai kegiatan sosial, seperti ambulan mobil jenazah gratis dan program revolusi putih dengan membagikan susu kepada ibu yang memiliki anak-anak balita,” ungkapnya..

Ketua DPD PDI Perjuangan yang juga menjabat Walikota Palembang, Eddy Santana, mengatakan PDI Perjuangan telah mendeklarasikan Wakil Walikota Palembang, Romi Herton, maju dalam Pemilukada Kota Palembang tahun 2013, dimana kader Demokrat ,Harnojoyo, yang saat ini menjabat sebagai Ketua DPRD Palembang akan dijadikan pendamping sebagai balon Wakil Walikota.

“Selama ini PDI Perjuangan memiliki massa yang tersebar di Palembang dan sangat loyal di seluruh pelosok Sumsel. Saya memastikan setiap kader terbaik akan diberikan dukungan penuh, selama menjaga dan melanjutkan pembanggunan yang berbasis kerakyaratan di Kota Palembang.” Jelasnya.

Sementara itu, Wakil Walikota Palembang, Romi Herton, mengatakan saat ini pihaknya telah memperkuat infrastruktur partai, mulai dari melantik ranting dan anak ranting. Selain itu pihaknya juga sudah menjalin komunikasi dengan sejumlah partai untuk menggalang dukungan, dengan kekuatan yang ada dirinya siap maju dan akan terus melakukan konsolidasi

Ketua tim media MD Center, Yandes, mengatakan bahwa dalam Pimilukada Kota Palembang tahun 2013, saat ini pengusaha Mularis Djahri sedang melakukan seleksi 11 (sebelas) balon Wakil Walikota Palembang yang berasal dari berbagai kalangan baik birokrat, ulama, maupun politisi.  Namun, siapa yang terpilih sebagai Cawawako sangat ditentukan dengan hasil survey yang ada. Beberapa kriteria yang ditentukan untuk mendampinginya yakni mempunyai visi dan misi yang sama, jujur, tidak tercoreng kasus hukum dan beberapa kriteria lainnya,

"Terkait dengan syarat dukungan dari partai politik, saat ini telah dipenuhi yakni ada lima Parpol yang dipastikan mengusung Mularis. Dari hasil survey ada trend positif dari dukungan warga Palembang. Kami baru melakukan sosialisasi sejak Mei 2012. Namun hasilnya dukungan dari masyarakat terus meningkat,” terangnya.

Sehubungan itu, Aripin Kalender, Ketua LSM Masyarakat Miskin Kota (MMK), menilai bahwa pihaknya akan terus bergerak mengejar persyaratan minimal harus mendapatkan dukungan sekitar 30% dari jumlah pemilih Kota Palembang. Untuk mencapai target 30% dari jumlah pemilih di Kota Palembang, berarti harus mengumpulkan minimal 60 ribu dukungan masyarakat. Hingga saat ini pihaknya telah mendapatkan 20 ribu lebih surat pernyataan dukungan, dukungan tersebut didapatnya dari daerah tempat tinggalnya dikawasan Seberang Ulu I Palembang.

“Saat ini tim sukses di Kecamatan Seberang Ulu Kota Palembang telah melakukan konsolidasi ke masyarakat agar tercapai target 30%. Hingga kini mata pilih di Kecamatan Seberang Ulu hampir 4000 mata pilih,” jelasnya.

Terkait tentang pencalonannya hanya sekadar ikut meramaikan dan bahkan hanya menginginkan ‘uang mundur’, pihaknya menampik hal tersebut, karena hal tersebut merupakan pendapatan orang, namun ia optimis untuk menang, karena kapan lagi ada calon Walikota dari kalangan miskin.

Sementara itu Partai Keadilan Sejahtera (PKS) baru mengumumkan nama bakal calon walikota (balon wako) yang akan maju dalam pilkada 2013 mendatang. Maka, usai lebaran nanti PKS akan mempublikasikan pasangan calon walikota yang akan diusung, dengan memperhatikan hasil survei dimasyarakat. (anto)

Site Launch
Site Launch