Wed04232014

Last update06:23:50 PM GMT

Font Size

Profile

Menu Style

Cpanel
Back Nasional Pendidikan Dana BOS Triwulan IV Cair Desember

Dana BOS Triwulan IV Cair Desember

  • PDF

PRABUMULIH, BeritAnda - Setelah sempat mengalami keterlambatan hingga dua bulan lamanya, akhirnya Pemerintah Kota Prabumulih melalui Dinas Pendidikan (Disdik), Senin (19/12/2011), mulai melakukan pencairan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Triwulan (tahap) IV bagi SD dan SMP di lingkungannya.

Tercatat sebanyak 91 Sekolah Dasar (SD), dan 19 Sekolah Menengah Pertama (SMP) terdiri dari sekolah negeri dan swasta mendapat bantuan tersebut.

Kepala Disdik Kota Prabumulih Rasyid SAg, melalui Kepala Bidang Sekolah Menengah. Irawan Supmidi SPd MM, menyebutkan pencairan dana BOS Triwulan IV sudah dilakukan sejak Jumat (16/12/2011) kemarin. “Kalu pencairan mulai Jumat kemarin dilakukan,” jelas Irawan, saat ditemui diruangan kerjanya, Senin (19/12/2011) pagi.

Cara pencairan seperti biasa, dikatakan Irawan dari Rekening penampungan Disdik langsung ke rekening sekolah masing-masing. Keterlambatan turunnya dana BOS Triwulan IV 2011, diakui Irawan disebabkan kurangnya anggaran dana BOS yang diterima dengan jumlah sekolah.

“Keterlambatan terjadi karena anggaran tidak cukup sehingga terpaksa alokasinya dikurangi untuk masing-masing sekolah (dibagi rata). Jadi memang prosesnya agak lama, karena melihat jumlah siswa sekolah itu,” ungkap Irawan lagi.

Masing-masing SD menerima sekitar Rp400 ribu persekolah, dan Rp575 ribu bagi SMP. Pengurangan alokasi dana BOS bagi sekolah itu, dilakukan setelah terdapat selisih atau penambahan jumlah siswa pada sekolah tersebut.

Irawan menambahkan, agar hal itu tidak terulang sesuai dengan Keputusan Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas) sekarang ini, pihaknya kedepan hanya bertugas mengontrol dan mendata penggunaan dana BOS di sekolah.

“Kalau sekarang masih dari Bendahara Negara, di transper ke Bendahara Umum Daerah (BUD) kemudian ke Rekening penampung Disdik, baru masuk ke rekening sekolah penerima dana BOS,” urai Irawan.

Sistem pencairan dana BOS tahun 2012 itu juga, menurut Irawan, selain lebih ringkas dan mudah juga mengurangi resiko terjadinya penyimpangan dalam penyampaiannya. “Sebab dari Bendahara Negara langsung ke Bendahara Umum Daerah Provinsi, kemudian langsung ke sekolah penerima dengan sistem hibah,” sebutnya, mengulangi.(dn)

Site Launch
Site Launch